Social Icons

Pages

Thursday, September 27, 2012

PNS HADAPI TANTANGAN UTAMA



Jakarta-Humas BKN, PNS menghadapi dua tantangan utama  dalam bekerja, yakni menyangkut integritas dan profesionalisme. Untuk itu, hendaknya PNS memiliki kedua aspek tersebut dalam menyelesaikan tugas dan fungsinya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepala Negara (BKN) Eko Sutrisno saat memberikan sambutan dalam penandatanganan Peraturan Bersama Menteri Pertanian dengan Kepala BKN tentang Ketentuan Pelaksanaan Jabatan Fungsional Analis Pasar Hasil Pertanian di Auditorioum Gedung F, Kantor Pusat Kementerian Pertanian  (Kementan) Jakarta, Jumat (21/9). Kegiatan ini dilaksanakan ditempat yang sama setelah Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kementan yang dihadiri antara lain oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi, dan perwakilan Komisi Ombudsman.

Eko Sutrisno lebih lanjut menegaskan bahwa profesionalisme PNS dapat diwujudkan melalui berbagai cara, antara lain dengan membentuk Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). Pembentukan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) ini dimaksudkan agar seorang pegawai memiliki uraian tugas yang jelas dan kinerja yang terukur. Dengan demikian, ke depan BKN bersama instansi pemerintah lainnya terus mengembangkan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT).
Sementara, Menteri Pertanian Suswono menyatakan Kementan telah memiliki sejumlah Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) yang ditujukan untuk mendukung terlaksananya tugas dan fungsi yang diemban pihaknya, sekaligus mengembangkan kompetensi para pegawainya.  Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) tersebut antara lain adalah: Pengawas Mutu Hasil Pertanian, Medis veteriner, dan Paramedis veteriner.
Pada kesempatan yang sama, Azwar Abubakar menyambut baik pencanangan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kementan. Ini menandakan Reformasi Birokrasi telah diimplementasikan dengan baik. Diharapkan agar berbagai instansi pemerintah lain pun dapat segera menerapkan hal yang sama di instansinya masing-masing. (aman-tawur)

No comments:

Post a Comment